Pages

Rabu, 11 Mei 2011

Model Bahan Ajar Anak Autis di SD


Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar semua peserta didik (termasuk peserta didik berkebutuhan khusus) di sekolah secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pendidikan tersebut seyogyanya diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa. Dalam Penjelasan UndangUndang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 15 disebutkan bahwa pendidikan khusus merupakan penyelenggaraan pendidikan untuk peserta didik yang berkelainan atau peserta didik yang memiliki kecerdasan luar biasa yang diselenggarakan secara inklusif atau berupa satuan pendidikan khusus pada tingkat pendidikan dasar dan menengah. Berdasarkan keadaan tersebut maka Pusat Kurikulum Balitbangdiknas berusaha mengembangan model bahan ajar untuk membantu guru dalam memberikan pelayanan pendidikan sesuai dengan keadaan, kemampuan, dan karakteristik peserta didiknya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan model bahan ajar untuk pendidikan khusus, terutama untuk anak Autis di Sekolah Dasar. Melalui model bahan ajar ini diharapkan dapat membantu guru dalam mengoptimalkan layanan pendidikan sesuai dengan karakteristik, potensi, kemampuan, situasi dan kondisi peserta didik. Pengembangan model bahan ajar ini dilakukan melalui beberapa strategi kerja dengan melibatkan para ahli, kepala sekolah, guru, pengawas, dinas pendidikan, dan pelaksana pendidikan lainnya, serta direktorat terkait melalui sejumlah langkah kegiatan, mulai dari kajian konsep dan kajian kebutuhan lapangan, penyusunan kerangka dan pengembangan model, penyempurnaan model, ujicoba model, presentasi dan perbaikan model, finalisasi model dan diakhiri dengan penyusunan laporan.

Melalui kegiatan ini telah diperoleh hasil, antara lain dalam bentuk profil anak,silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) atau Program PembelajaranIndividual (PPI) beserta contoh model bahan ajar untuk Anak Autis di Sekolah Dasar.

Mengingat Pusat Kurikulum telah mengembangkan contoh model bahan ajaruntuk pendidikan khusus, maka perlu ada tindak lanjut antara lain perlunya kerjasamadengan direktorat terkait untuk sosialisasi dan juga perlu dilaksanakan pelatihanpelatihan bagi guru berkaitan dengan pengembangan bahan ajar sebagai salah satuunsur perencanaan dan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.

Selengkapnya disini:
Model Bahan Ajar Anak Autis di SD

0 comments:

Poskan Komentar